Halaman Awal

Tuesday, November 29, 2011

Shalat Tahajjud Bermanfaat Mencerdaskan Otak Kita

Shalat tahajjud disebut juga shalatullail atau shalat malam. Yaitu shalat sunnah yang dilakukan di waktu malam setelah bangun dari tidur. Shalat Tahajjud adalah shalat sunnah mu’akkad atau shalat sunnah yang sangat dianjurkan. Karena sunnah maka mendapat pahala bagi yang mengerjakannya dan tidak akan disiksa ( tidak berdosa ) jika meninggalkannya. Shalat tahajjud disebut shalat sunnah mu’akkad karena merupakan perintah langsung dari Allah yang tercantum di dalam Alqur’an.
Secara khusus Allah memerintahkan shalat ini berarti ada rahasia di balik rahasia, ada manfaat yang luar biasa bagi orang yang kuat mengerjakannya. Di dalam Al-Qur’an disebut : Dan dari sebagian malam, maka pergunakanlah malam tersebut untuk melaksanakan shalat Tahajjud sunnah bagimu. Bisa separuh malam, sepertiga malam, bahkan dikurangi dari itu. Barangkali dengan mengerjakan shalat Tahajjud, Allah akan mengangkatmu ke tempat yang mulia di sisi Allah. Jadi Allah akan mengangkat kedudukan orang yang suka mengerjakan shalat tahajjud ke tempat yang terpuji.
Ketika saya masih belajar di MTs Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura, guru saya pernah menceritakan tentang penelitian oleh seorang dokter. Penelitian tersebut berkenaan dengan kenapa santri-santri di Pondok Pesantren memiliki otak yang cerdas? Apa rahasianya? Singkat cerita sang dokter ini, karena penasaran bertanya pada pak kyai ( pimpinan Pondok Pesantren ) tentang hal tersebut. Jawaban pak, karena mereka para santri suka melaksanakan shalat Tahajjud tiap malam. Sang dokter masih penasaran dengan jawaban pak kyai akhirnya mengadakan penelitian terhadap santri-santri yang melaksanakan shalat Tahajjud. Saya lupa, bagaimana proses penelitian tersebut. Saya hanya akan memberikan kesimpulan akhirnya saja. Bahwa ketika santri bangun malam kemudian berwudhu’ dan mengerjakan shalat Tahajjud, pada saat sujud darah akan mengalir ke bagian otak/kepala. Darah ini adalah darah segar atau darah yang sehat dan sangat berguna untuk kesehatan otak. Kenapa demikian? Karena baru bangun dari tidur maka sirkulasi darah menjadi lancar, segar dan sehat. Ketika mengalir ke bagian kepala pada saat sujud, maka menjadi obat luar biasa bagus untuk kecerdasan otak. Bagaimana membuktikan bahwa orang shalat Tahajjud otaknya kan menjadi cerdas? Dibuktikan dengan belajar esok paginya yang cepat hafal dan cepat paham.
Bagaimana menurut dokter-dokter lain di saat sekarang ini, saya tidak tahu. Tapi yang jelas bagi kita adalah setiap perintah Allah yang termaktub dalam Al-Qur’an atau hadits-hadits Nabi Mahammad SAW mengandung atau sarat dengan makna dan hikmah di dalamnya. Perintah tidak hanya sekedar perintah semata. Pasti semuanya sangat besar manfaatnya hambaNya. Seperti shalat lima waktu. Ternyata jika diteliti secara kesehatan gerakan – gerakan shalat adalah gerakan yang berfungsi untuk olah raga yang sangat besar manfaatnya untuk jasmani. Intinya adalah kerjakan perintah Allah dan jauhi larangannya. Maka pasti Allah akan memberikan makna lebih pada setiap perintah yang kita kerjakan. Shalat tahajjud, Qiyamullail atau shalat malam juga demikian. Allah akan mengangkat derajat yang setinggi-tingginya dan akan menempatkan kita ke kedudukan terpuji. Semoga kita semua ummat Muslim akan diberikan kekuatan untuk bisa melaksanakan shalat tahajjud dengan istiqomah. Amien….

No comments:

Post a Comment